Membuat Poster Dengan Photoshop

Posted by kun Akinari

Untuk Membuat Sebuah Poster Kita Harus menyiapkan Beberapa bahan harus ada untuk membuat sebuh poster, Bahan - bahan ini meliputi :
- Aplikasi Photoshop
- Gambar yang diedit [meliputi : gambar tokoh, gambar tambahan]
- PSD coloring [ jika diperlukan kalian bisa mendownloadnya disini ]
Langkah langkah (klik screenshoot for enlarge ) :
  1. Buka aplikasi photosop kalian (double klik pada icon photoshop di desktop kalian atau click start- all programs- photoshop ).
  2. Setelah  Photoshop berhasil dibuka, sekarang saatnya membuat sebuah dokumen baru. ( Klik tombol CTRL + N di keyboard kamu, atau klik File >> New  ). Atur ukuran sesuai keinginan kalian, dan pastikan format dokumen itu RGB. jika bingung menentukan ukuran, kalian bisa mencoba angka 980 x 1337 pixels
  3. Setelah itu baru, buka gambar yang ingin kalian edit untuk dijadikan cover fanfiction kalian.
    ( Klik File >> Open ). Disini aku memakai gambar Kyuhyun Super Junior & Korean ulzzang girl.
  4. Kemudian pindah kedua gambar tadi —gambar Kyuhyun + Ulzzang— ke dokumen baru yang sebelumnya sudah kita buat. Geser menggunakan move tool. (c aranya : klik icon move tool [gambar panah paling atas di bar sebelah kiri ] ) lihat gambar!!. Setelah itu atur tata letaknya dengan baik!.
  5. Setelah merasa puas dengan tata letaknya,  saatnya menghapus / menghilangkan bagaian pada gambar —kyuhyun + ulzzang—yang dirasa kurang sedap dipandang pada cover/poster. Caranya klik icon ‘eraser tool’ lalu atur ‘opaticy’nya. Lihat gambar !
  6. Sekarang hapuslah bagian gambarnya!.
    (info : untuk menghapus gambar, kalian perlu beralih layer. Misalnya kalian ingin menghapus gambar ulzzang, maka terlebih dahulu kalian harus mengklik layer gambar ulzzang, pada screenshoot di bawah ini..layer ulzzang-nya berada pada layer 2. Maka jika ingin menghapus gambar ulzzang, sebelumnya kalian harus mengklik layer 2 terlebih dahulu )
  7. Sekarang buka lagi sebuah gambar untuk dijadikan background. Caranya sama seperti saat kalian membuka gambar yang dijadikan cover ( Klik File >> Open ). Lalu geser gambar  background tersebut (menggunakan move tool) ke dokumen cover kalian. Letakkan gambar background menjadi layer paling bawah.
  8. Sudah?? Kalau begitu. Buka lagi sebuah gambar. Kita sebut gambar kali ini sebagai gambar pelengkap atau gambar tambahan. Bisa berupa bunga, bentuk hati, kursi, bintang, kalung d-l-l.
    setelah itu, lakukan hal yang sama dengan yang sebelumnya—menggeser/memindahkan gambar tambahan ke dokumen cover kalian— tapi kali ini letakkan menjadi layer paling atas. Dan hapus beberapa bagian gambar yang dirasa perlu dihapus, misalnya bagian sisi-sisi gambar.
  9. Hasilnya seperti di bawah ini! tapi belum selesai sampai disini. Meskipun tahap primernya sudah selesai, tapi masih perlu sedikit tambahan. Diantaranya membuat gambar ber’texture’.klik layer, tempat background yang sebelumnya kita tambahkan—disini aku menggunakan gambar langit saat senja—. Setelah diklik, klik CTRL + J. maka background tadi akan terduplikat menjadi dua. Pindahkan gambar background hasil copy-an tadi menjadi layer yang paling atas. Pasti gambar kalian jadi tertutupi backgroundkan?? Kalau begitu..atur opaticynya! Lihat gambar diatas!! ↑↑
  10. Langkah selanjutnya, yaitu menyatukan semua layers menjadi satu layer. Caranya klik CTRL pada keyboard kalian sambil menekan semua layers pada kotak layers, kemudian klik kanan >> Marge layers.
    Perhatikan gambar!!
  11. Sekarang saatnya membuka PSD coloring sebagai cara instan untuk pewarnaan cover-nya. ^^
    (jika kalian tidak menggunakan PSD coloring kalian bisa melewati langkah-langkah ini dan menggantinya dengan mengklik Image >> Adjustement >> Level  || atur angka-angka yang ada disana ya ^^ hingga tampilan cover kalian menjadi menarik, kalau sudah selesai klik >> oke. kalian juga bisa menambah efek lain lagi dengan mengklik image >> Adjustment >> Match Color || atur kembali angka-angka disana dan klik >> Oke ^^ )dan buat kalian yang memakai PSD coloring. Maka buka dulu PSD coloring kalian. Dimana tempat untuk mendapatkan PSD Coloring? Kalian bisa mengunjungi  ini . Then, Setelah PSD coloring kalian terbuka, kalian klik kanan pada bagian ‘grup psd coloring tersebut’. Grup biasanya disimbolkan dengan adanya icon ‘folder’. ( klik kanan >> duplicate layers >>). Lihat gambar!!
    akan ada kotak perintah baru muncul. Pilih dokumen cover kalian || biasanya untitled 1, lalu klik ‘oke’.
  12. Masih belum puas dengan pewarnaannya?. Kita tambahkan sedikit efek lagi. Klik image >> Adjustment >> Vibrance.Atur angka-angkanya. Kalian bisa mengikuti angka sesuai screeshoot jika menginginkannya.^^
  13. Dan jangan lupa tambahkan teks yang meliputi || Judul , nama author & Artworker (agar tidak ada yang mengclaim karya kalian), quotes, dan hal lainnya yang kalian rasa perlu dimasukkan ke dalam cover). Caranya klik icon ‘T’ yang tersedia di bar menu photoshop kalian. Sesudah itu kalian marge lagi semua layersnya—seperti langkah di nomor 10.
  14. Thanks for my God, tadi itu langkah terakhir chingudeul , kalian tinggal menyimpan cover kalian dengan mengklik File>> Save as JPEG >> pilih folder>> Save ^^.Dan inilah hasil cover tutorialnya—ada dua, dengan pewarnaan yang sedikit berbeda—. Click images for enlarge !!. nama cover kali ini ‘BITTERSWEET’ –sebenarnya tulisannya kayak gitu tapi karena keteledoran, jadi bettersweet  :( *ya sudahlah..tak apalah. ^^     
Maaf atas segala kekurangan tutorialnya ya dan terimakasih juga karena telah bersedia meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini . Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan. Tapi ada baiknya kalau kalian menyimak ‘Ask & Answer’ di bawah ini dulu, siapa tau jawaban dari pertanyaan kalian  sudah tersedia.

sumber :  http://rarastory.wordpress.com